Minggu, 06 Maret 2016

E - MAIL

Assalamualaikum temen2 blog yg aku cintai, cieee hahah ,kali ini saya akan share ulasan seluk beluk email, bagi yg udh lma punya email pasti udah tau isi, cara,etika dalam email, untuk sekedar sharing ke temen2 yg belum tau email serta cara membuat dan fungsi isi2 email, postingan ini sangat bermanfaat untuk kalian ^^


A. PENGERTIAN E-MAIL
Email adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik.Merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melaluijaringan internet. Komunikasi dengan e-mail dilakukan dengan mengetikkan pesan pada software khusus seperti :Yahoo Mail, Gmail, atau lainnya.
B. CARA KERJA E-MAIL
1.   Proses pengiriman e-mail dari satu komputer yang terhubung internet
2.   Sebuah e-mail masuk ke beberapa kmputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut mail server. Ketika e-mail sampai pada server yang menjadi tujuan(alamat e-mail tujuan), email disimpan pada mailbox
3.   Si pemilik alamat e-mail yang dituju baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengeceknya di mailbox-nya.
C. ANATOMI E-MAIL
1.   Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon atau @.
2.   Contoh : ullywidarti09@gmail.com
3.   Di sebelah kiri tanda @ disebut username (ullywidati09)
4.   Di sebelah kanan tanda @ disebut domain name (gmail.com) yang menunjukkan identitas mail server dimana seseorang user memiliki mailboxnya.
D. VARIASI BENTUK KOMUNIKASI DENGAN E-MAIL
1.   Point to Point = mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu.
2.   Carbon Copy / Cc = selain dikirim ke sebuah alamat utama, email juga  dikirimkan tembusan ke alamat lain. Alamat utama ditulis pada bagian To: dan tembusan ditulis pada bagian Cc:
3. Blind Carbon Copy / Bcc = sama dengan Carbon copy tapi penerima email utama tidak bisa mengetahui kemana saja tembusan email tersebut dikirimkan.  Alamat Bcc Dituliskan pada bagian Bcc:
4. Distribution List = pengiriman email satu arah (Contoh pengumuman, update buletin, update jurnal, berita harian, yang dikirimkan ke email yang sudah terdaftar sebagai pengikut, dan tidak diharapkan ada tanggapan dari penerima email.
5. Discussion List = mailing list = memungkinkan siapa saja yang tergabung dalam milis untuk mengirim email dan memberi tanggapan terhadap sebuah email.

E. ETIKA PENULISAN E-MAIL
1.   Jangan terlalu banyak mengutip
2.   Perlakukan e-mail secara pribadi (contoh email rahasia dari teman didak boleh kita publikasikan ke forum)
3.   Jangan gunakan huruf kapital ( karena penggunaan huruf Kapital dianggap berteriak, memberi tekanan pada maksud yang ingin disampaikan, dan tidak enak dipandang.
4.   Jangan membicarakan orang lain (Email memiliki fasilitas forward fasilitas ini mengijinkan penerima mengirim ulang email kita ke penerima lain)
5.   Jangan Gunakan Cc (karna ada sebagian orang tidak suka jika alamat emailnya diketahui orang lain, gunakan Bcc)
6.   Jangan gunakan Format HTML (karena tidak semua program email bisa menbaca format HTML, pesan bisa tidak dapat terbaca)
7.   Jawablah secara masuk akal

F. CARA MEMBUAT EMAIL
            Secara umum pada setiap webmail biasanya kita harus melalui beberapa tahap untuk membuat email baru yaitu :
a.    Dengan menggunakan web browser masuk ke webmail untuk mendaftarkan email baru ke sebuah webmail seperti yahoo.com, gmail.com, plasa.com dll
b.   Klik link untuk membuat email baru
c.    Mengisi formulir pendaftaran pada webmail
d.   Menyetujui ketentuan dari web mail dan mulai membuat sebuah email
e.    Email berhasil dibuat.
G. MENGAKSES E-MAIL
a.    Secara umum untuk mengakses email melalui beberapa tahap :
b.   Masuk ke website webmail tempat mailbox kita berada
c.    Login dengan menggunakan username/alamat email dan password
d.   Berhasil masuk ke mailbox
e.    Logout setelah selesai mengakses e-mail.


sumber:         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar